Rabu, 21 Desember 2011

Melamar pekerjaan? We can! Don’t worry ;)

Pada jaman ini mencari pekerjaan adalah bukan hal yang mudah. Agar bisa mengalahkan pelamar-pelamar yang lain, mari kita perhatikan 6 pantangan saat akan tes wawancara:

1. Jangan Datang Terlambat.
Tepat waktu sangat dibutuhkan saat akan tes wawancara,  apabila kita belum mengetahui tempat tes maka tidak ada salahnya bila kita mencari tahu tempat tes sehari sebelumnya. Bila perlu datang lebih awal untuk mengecek kembali penampilan saat akan wawancara dan memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan diajukan.

2. Jangan Gugup.
Mengenal orang lain bisa melalui bersalaman. Apabila Anda bersalaman dengan lemas dan tidak bertenaga, hal itu menunjukan Anda gugup dan kurang percaya diri. Sebaliknya, bersalaman dengan pegangan yang kuat menggambarkan bahwa Anda sangat agresif. Jadi cobalah bersalaman dengan santai dan biasa.

3. Jangan Duduk Membungkuk.
Sikap duduk seperti itu akan membuat Anda terlihat malas.Sikap duduk membungkuk juga menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri dan tidak tertarik dengan pekerjaan itu. Sikap duduk Anda akan mempengaruhi tes wawancara. Lebih baik Anda duduk dengan tegap dan lurus selama tes berlangsung.

4. Jangan Berikan Tatapan Kosong.
Beberapa budaya mengatakan, berbincang-bincang tanpa melihat tatapan lawan bicara merupakan perilaku yang kurang sopan. Kadang-kadang Anda akan menatap dengan kosong atau tidak melihat wajah pewawancara ketika merasa gugup atau tidak nyaman. Ada baiknya Anda menatap bagian lain dari pewawancara, seperti jidat atau bibirnya.

5. Jangan Datang Tes Wawancara tanpa Persiapan Apa pun.
Ketika Anda akan menghadapi tes wawancara, ada baiknya Anda mengetahui profil perusahaan yang Anda tuju atau pekerjaan yang akan Anda geluti.

6. Jangan Lupakan Sopan Santun Anda.
Sopan santun merupakan hal yang paling penting. Jangan lupa berikan senyuman kecil ketika Anda pertama kali bertemu dengan pewawancara Anda. Terakhir jangan lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan itu.

Sumber : terselubung.blogspot.com

2 komentar:

  1. Gunakan pakaian yang sopan dan pantas, dan sikap loyal + berkomitmen, bagi perusahaan adalah hal yg paling penting :)

    BalasHapus