Jumat, 23 Desember 2011

Tidak Ada Manusia yang Dewasa !



Berkaitan dengan tulisan saya Manakah yang Lebih Penting? Proses Atau Hasil ? , maka saya akan menentukan sebuah definisi saya tentang arti kata dewasa.
Dewasa dalam pandangan saya adalah suatu keadaan manusia yang telah belajar tentang sesuatu dan menjadi profesional di bidang itu. Jadi, suatu kedewasaan adalah relatif terhadap sesuatu. Saya mengartikan seseorang dewasa terhadap ilmu, bukan berarti orang itu dewasa terhadap kehidupan, misalnya.
Jadi intinya, jika dikata “arti atau definisi ‘dewasa’ oleh Danang bukan menggambarkan definisi yang independen”, yak memang benar. Arti “dewasa” menurut saya merupakan sebuah fungsi, yang dipengaruhi oleh variable. Variabelnya berupa seberapa banyak pembelajaran yang telah dilakukan dan seberapa efektif pembelajaran itu dapat mempengaruhi seseorang.
Setiap orang yang sedang melakukan kesalahan, tidaklah salah karena pada dasarnya mereka sedang dalam proses pembelajaran, bukan seseorang yang dewasa terhadap bidang itu.

Tulisan saya sebelumnya, hanya sekedar bermaksud memotivasi manusia untuk menjadi “dewasa”, walau pada dasarnya manusia itu adalah pembelajar seumur hidup.
Bolehlah dikata, “Manusia tidak ada yang dewasa! Setiap manusia adalah pembelajar sejati!” Description: :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar