Kamis, 22 Desember 2011

Pertama Kali Pake Android?

Disini saya mau sharing-sharing dikit mengenai cara menggunakan android bagi yang pertama kalo pakai, disini saya cuman mau share ajah pengalaman saya selama pake HH yang osnya android secara umum, karena dulu pas pertama kali pakai android saya pun bingung setengah mati karena masih asing, semoga post ini membatu semuanya..

Android adalah OS (operating System) yang di keluarkan oleh Google.Android memiliki beberapa seri yaitu 1.5 (Cupcake), 1.6 (Donut) ,2.1 (Éclair),2.2 (Froyo),2.3 (Ginger Bread) dan yang terbaru adalah 4.0 (ICS = Ice Cream Sanwich). Untuk lebih lengkap bisa searching disini banyak yang mengulas kok.
Bagaimana menggunakan android?? Secara umum akan saya ulas sesuai dengan pengalaman saya :

1.SETING AWAL:
Pertama-tama masukkan kartu sim trus hidupkan HH nya, biasanya sih keluar setting wizard yang ada gambar androidnya, di tap aja, dan ikuti prosesnya. Atau jika memang koneksi internet lagi kurang bagus atau belum terkoneksi internet di skip2 ajah, setting yang perlu2 ajah seperti jam dan tanggal.

2.SETING INTERNET:
Jika seting wizard tidak ada pertama-tama setting dulu koneksi internetnya,(setting >> wireless and network), pilih mobile networks pastikan APN (acces point names) sudah terseting sesuai dengan provider milik yang dipakai. Jika sudah terseting pastikan data enabled aktif atau tercentang. Jika sudah maka di notification bar (paling atas) akan muncul huruf H,E,G dengan anak panah) jika sudah ada itu berarti internet sudah aktif.

Note : jika apn belum terseting bisa menggunakan aplikasi Asisten APN

3.SETING AKUN GMAIL:
Setting dulu account gmailnya (setting >> accounts & settings), karena account gmail sangat penting diandroid,nantinya akses market dan segala aplikasi google pasti membutuhan sync dari gmail. Caranya klik add account lalu klik google dan masukkan id serta password gmailnya. Setelah masuk maka gmail akan melakukan sinkronisasi denga HH, hal itu di tandai dengan notification bar ada tanda lingkaran dengan anak panah.

Note : kalo mau nambahin akun tertentu bisa menggunakan add account >> corporate.

3.SETING BAHASA & KEYBOARD:
Setting Bahasa dan keyboardnya (seeting >> language & keyboard), sesuaikan pilihan bahasa serta keyboard yang akan di gunakan, biasanya untuk bahasa tergantung firmware apakah sudah mendukung dengan bahasa local (Indonesia) tau belum, dan untuk keyboard biasanya sudah terinstal aplikasi keyboard bawannya, jadi tinggal seting sesuai kebutuhan saja.

4.SETING TANGGAL & WAKTU:
Setting tanggal dan waktu (setting >> date & time) sesuaikan dengan dengan wilayah dimana ente berada, bisa secara manual ataupun otomatis, disarankan menggunakan setingan otomatis karena lebih akurat.

5.SETING APLIKASI:
Setting aplikasi (setting >> Aplication) ini berfungsi agar kita bisa menginstal aplikasi dari sdcard,bukan hanya dari market aja, serta agar apabila HH dikonekkan ke kompi/lepi bisa langsung konek. Buka aplikasi lalu centang Unknown Sources ( ini agar kita nanti bisa menginstal aplikasi dari sdcard) lalu masuk development centang USB Debugging ( ini berfungsi aga HH kita dikenali apabila konek ke kompi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar